Analisis Modal Ternak Kambing Pemula Berjumlah Kecil

Analisis Modal Ternak Kambing Pemula Berjumlah Kecil


Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pedesaan, bertani dan beternak menjadi jenis pekerjaan yang banyak dilakukan. Pekerjaan-pekerjaan tersebut wajar dilakukan karena pedesaan memiliki wilayah yang baik untuk melakukan pertanian dan peternakan. Ternak kambing sendiri merupakan jenis kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan pedesaan. Lahan yang luas dan ketersediaan pakan yang mencukupi menjadi alasan mengapa beternak kambing menjadi kegiatan yang layak dilakukan oleh warga pedesaan. Bagi warga desa yang merupakan seorang pemula dan ingin menjalankan usaha peternakan kambing, mereka tentunya membutuhkan modal dengan jumlah tertentu. Jika Anda bertanya seberapa besar modal ternak kambing pemula yang tepat? Tidak ada batasan akan modal yang diperlukan. Warga desa yang baru saja akan memulai karirnya sebagai seorang peternak kambing bahkan dapat menggunakan modal berjumlah kecil untuk kegiatan beternak kambing.


Analisis


Dengan modal ternak kambing pemula dalam jumlah yang kecil, peternak kambing harus melakukan analisis akan modal yang tersedia. Dengan melakukan analisis, peternak nantinya dapat menggunakan modal yang ada untuk keperluan-keperluan yang harus dipenuhi. Dengan begitu, aktifitas beternak kambing dapat berjalan semestinya dan sesuai dengan harapan. Guna memaksimalkan modal kecil yang ada, berikut ini merupakan hal-hal penting yang harus dianalisis dan mendapatkan perhatian dengan baik:




  • Pembuatan kandang




Kandang merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan dengan matang. Kandang merupakan tempat dimana kambing akan tinggal nantinya. Untuk pembuatan kandang kambing sendiri, peternak kambing dapat menggunakan kayu atau bambu sebagai bahan dasarnya. Untuk pembuatan kambing, peternak hanya membutuhkan dana sebesar 2 juta saja. Jumlah tersebut sudah termasuk di dalam pembelian kayu atau bambu, paku dan kebutuhan lainnya. Selama pembuatan kandang, pastikan jika kandang dibuat pada lokasi yang tepat. Kandang kambing sebaiknya dibuat di lokasi yang jauh dari pemukiman warga dan jauh dari keramaian.




  • Pembelian kambing




Setelah kandang kambing, modal yang disediakan dapat digunakan sebagai modal untuk pembelian kambing. Kambing yang tepat untuk dibesarkan adalah kambing yang telah memasuki usia 10 bulan. Jika peternak berkeinginan menjual kambing di waktu-waktu tertentu, pastikan jika kambing yang dibeli berada dalam kondisi yang baik. Kambing yang sehat, terhindar dari penyakit dan sedap dipandang merupakan jenis kambing yang layak untuk dibeli dan dibesarkan. Peternak kambing sebaiknya membeli bibit kambing dengan harga yang pasaran dan memiliki kualitas yang baik.




  • Gaji karyawan




Di dalam menjalankan bisnis ternak kambing, kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan sendiri. Peternak kambing pemula membutuhkan beberapa karyawan untuk menjaga dan mengontrol kambing yang diternakan.



  1. Biaya pembuatan sumur dan pembuatan basecamp

  2. Sewa lahan


Selama menganalisis modal ternak kambing pemula, peternak nantinya akan dihadapkan dengan beberapa hambatan. Hambatan yang sering ditemukan adalah munculnya beragam jenis penyakit ketika usaha ternak kambing dilakukan. Kambing-kambing yang diternakkan dan mengalami penyakit sebaiknya diobati dengan segera. Jika kambing yang diternakkan mengalami sakit atau berada dalam kondisi yang tidak baik, memanggil dokter hewan menjadi jalan keluar yang dapat dilakukan. Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan memotong kambing yang menderita penyakit. Memotong kambing dilakukan untuk meminimalkan jumlah kerugian. Kambing yang sakit berpeluang menjangkit kambing lainnya yang masih sehat. Jika peternak kambing tidak ingin mengalami kerugian dalam jumlah besar, memotong kambing merupakan cara paling tepat yang dapat dilakukan.


baca juga:



Usaha peternakan domba saat ini menjadi idola karena perawatannya mudah dan permintaan teranknya sangat banyak apalagi saat masa qurban. Permintaan untuk qurban sangat banyak terkadang tidak semuanta dapat terpebuhi.


Dalam menjalan usaha peternakan dengan modal sedikit sebaiknya pandai pandai dalam membuat pakan yang tepat. Jika mmepunyai keterbatasan dalam membuat pakan yang baik ada baiknya mencoba pakan ternak instan. Pakan ini sudah sangat lengkap,nutrisinya, kenaikan berat badannya dapat dipastikan akan naik secara teratur sehingga dapat dipastikan akan untung tanpa rugi. Nah pakan ini disebut pakan ternak instan karena sudah sangat lengkap nutrisnya yaitu sudah mengandung karbohidrate, proyein, mineral, protein, lemak , karbohidrate. Hebatnya pakan ini sudah tidak oerku tambahan pakan lain dan pakan hijauan.


Untuk mendapatkan pakan oini cukup mudah yaitu cukup menghubungi nomor 0821-3444-0557.


Belum ada Komentar untuk "Analisis Modal Ternak Kambing Pemula Berjumlah Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel