SOC HCS untuk Unggas

SOC HCS dikenal oleh sebagian besar orang sebagai suplemen untuk bahan fermentasi ternak kambing. Tidak heran jika banyak yang menanyakan ke admin; Bisakah SOC HCS diberikan kepada unggas seperti ayam (baik itu ayam kampung, ayam potong, maupun ayam petelur), itik, enthok, dll?


SOC HCS adalah suplemen khusus berbentuk cair yang diproduksi oleh PT HCS. SOC ini termasuk salah satu produk HCS yang dikhususkan untuk segala jenis ternak. Termasuk kambing, unggas, sapi, lele, dll.




  1. CARA BELI SOC HCS

  2. CARA BELI SOT Phefoc

  3. CARA GABUNG HCS

  4. MADU LONGLIFE, KUAT PERKASA SAMPAI PAGI


SOC


Lantas, bagaimana aplikasi SOC HCS untuk Unggas; Ayam Broiler, Kampung, Itik, dll?


Aplikasi SOC HCS untuk unggas khususnya ayam kampung maupun ayam broiler bisa dicampurkan pada minuman. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, peternak seyogyanya bisa membuat pakan sendiri dengan pola HCS, yakni menggunakan Suplemen Organik Cair (SOC).


Pada kesempatan ini, kita akan membahas aplikasi SOC untuk unggas, khususnya ayam kampung.


Aplikasi SOC HCS untuk ayam kampung tak jauh beda dengan penerapannya pada ayam broiler. Tujuan ternak ayam kampung pola HCS SOC ini adalah dalam rangka menghasilkan daging yang lebih sehat dan berbobot ketimbang ternak ayam konvensional. Disamping itu, dengan aplikasi SOC ini diharapkan masa panen ayam kampung lebih cepat sehingga bisa memangkas biaya perawatan dan pakan.


Sebelumnya, kita perlu tahu perbedaan memelihara ayam kampung dan ayam broiler. Ini sangat berbeda. Baik dari fisiknya, tumbuh-kembangnya, dan hasil dagingnya sudah tentu beda pula.

Dari dagingnya semua mungkin sudah tau kandungan lemak ayam kampung lebih sedikit dibanding ayam broiler. Lalu masa tumbuh-kembangnya pun untuk ayam broiler rata-rata umur 30 hari beratnya bisa 1 kg, sementara untuk ayam kampung butuh waktu 50-60 hari untuk bobot berat yang sama.


Berikut ini panduan singkat membuat pakan fermentasi untuk ayam kampung dengan menggunakan fermentor SOC HCS. Persiapkan bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:



  1. Tepung jagung 40%

  2. Dedak halus/bekatul 30%

  3. Tepung ikan 10%

  4. Tepung daun pepaya 10%

  5. Tepung tulang 10%

  6. SOC 10 tutup botol/100kg pakan.

  7. Gula pasir 5 sdm.


Cara pembuatan / fermentasi:



  • Larutkan SOC dan gula pasir aduk hingga larut. Diamkan larutan 10-15 menit. Lalu campurkan bersama seluruh bahan-bahan. Aduk hingga rata dan memal/basah menggumpal.

  • Kemudian masukan ke dalam tong besar dan tutup dengan plastik hingga rapat selama 24 jam. Mikroorganisme dalam larutan SOC akan bekerja selama fermentasi berlangsung, melipat-gandakan kandungan nutrisi dan vitamin dalam pakan.

  • Setelah difermentasi sehari semalam, lalu bukalah penutup tong. Biarkan terbuka hingga suhu hangatnya kembali normal.

  • Setelah suhu normal hidangan pakan penuh gizi siap disajikan.

  • Dan untuk melengkapinya campurkan SOC pada air minumnya. Dosisnya sangat irit cukup setengah tutup botol SOC dilarutkan dengan 15 liter air. Jangan lupa tambahkan 3sdm gula pasir dan aduk hingga larut.


Nah, dengan membuat pakan ayam kampung sendiri seperti ini Anda akan menghemat biaya hingga 50% dibanding Anda membeli pakan jadi. Karena selain biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan2 itu jauh lebih murah dibanding beli pakan jadi, Anda pun akan menghemat pakan sekitar 20% lagi karena masa panen Ayam kampung Anda akan lebih cepat 8-10 hari untuk mencapai bobot yang sama dengan pola biasa.


Dan sebagai bonusnya Kotoran Ayam kampung Anda pun tidak akan meninggalkan bau. Karena mikroorganisme SOC akan memperbaiki pencernaan ternak Anda selain menjaga kondisi kesehatannya.


Memang bagi yang belum terbiasa walnya terasa ribet membuat pakan sendiri seperti itu. Tapi setelah sekali saja Anda melakukannya dan berhasil, rasa ribet itu terbayar lunas. Apalagi jika Anda serius beternak dalam jumlah banyak, tentu efisiensi atau berhemat itu perlu untuk jangka panjang Usaha Anda.


Demikian cara Aplikasi SOC HCS untuk unggas, khususnya ayam kampung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Sebagai bonus juga, di sini akan kami sajikan aplikasi SOC HCS untuk unggas lain yakni cara membuat pakan fermentasi untuk ayam potong.


Aplikasi SOC HCS untuk Unggas Khususnya Ayam Potong


Cara berikut adalah pembuatan pakan ternak ayam potong untuk sebanyak 1 kg untuk 10 ekor ayam. Pembuatan pakan ayam ini adalah jenis fermentasi basah, karena nantinya hasil campuran pakan-pakan ayam tersebut kita fermentasi tidak kita keringkan tetapi langsung di berikan ke ternak ayam dalam kondisi basah setelah di fermentasi selama 24 jam. Bahan-bahan yang kita gunakan adalah sebagai berikut :



  1. Tepung Jagung 250 gr.

  2. Dedak padi halus atau katul 250 gr.

  3. Karak atau nasi kering 100 gr.

  4. Sayur-sayuran bisa ambil salah satu dari bahan berikut : Sawi, Kangkung, Bayam atau Kecambah 150 gr.

  5. Konsentrat 511 atau sering di sebut PUR ayam 150 gr.

  6. Ampas tahu 50 gr atau jika sudah menggunakan kecambah tidak perlu menggunakan ampas tahu.

  7. Tepung Ikan 50 gr.

  8. SOC 1 cc atau sekitar 8-10 tetes.

  9. Air 1/2 liter untuk mencampur SOC di atas di tambah sedikit gula (Sepucuk sendok teh) dan diamkan selama 30 menit.


Campurkan semua bahan dalam satu wadah plastik dan aduk hingga rata. Setelah itu tutup rapat  dan diamkan selama 24 jam. Setelah 24 jam buka tutup wadah plastik tersebut dan aduk sebentar dan angin-anginkan sebelum di kasih ke ayam. Selamat mencoba, go success.


Info lebih lanjut tentang SOC HCS; manfaat, harga, cara pesan bisa dilihat di halaman SOC HCS.


Aplikasi SOC HCS untuk Ternak Burung Puyuh Petelur


Jika Anda kebetulan bergelut di bidang peternakan burung puyuh petelur, tak ada salahnya menyaksikan video berikut yang mengetengahkan manfaat Suplemen Organik Cair (SOC) HCS untuk burung puyuh petelur:



Pengunjung juga mencari:



Belum ada Komentar untuk "SOC HCS untuk Unggas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel