6 Peluang Usaha Ternak Kambing Ini Bisa Anda Jadikan Bisnis Usaha

Ternak kambing merupakan salah satu peluang bisnis yang hingga saat ini masih sangat diminati banyak orang. Usaha ternak kambing sangat menguntungkan, sebab selain permintaan akan daging kambing yang relatif tinggi, sistem pemeliharaan dan perawatannya pun tergolong mudah. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan orang memilih usaha ternak kambing. Adapun beberapa jenis peluang usaha ternak kambing yang dapat Anda pertimbangkan diantaranya sebagai berikut:


artikel kambing lainnya: 4 Syarat Penggemukan Kambing 3 Bulan Panen, Cek Disini


Peluang Usaha Ternak Kambing Etawa


Usaha ternak kambing etawa saat ini sedang ramai dilakukan oleh banyak peternak kambing. Usaha ternak kambing etawa merupakan suatu peluang bisnis yang sangat menjanjikan keuntungan. Akan tetapi hingga saat ini masih banyak peternak kambing yang ragu untuk membudidayakan kambing etawa ini. Hal ini merupakan peluang besar bagi Anda yang ingin mencoba usaha ternak kambing etawa.


Ternak
Kambing etawa

Beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dalam peluang usaha ternak kambing etawa diantaranya yaitu susu kambing etawa. Susu kambing etawa hingga saat ini masih mendominasi harga tertinggi dibandingkan dengan harga susu sapi maupun susu kuda. Selain itu, anakan kambing etawa betina memiliki harga jual relatif tinggi dibandingkan dengan kambing jenis lain. Jika kambing etawa sudah memasuki masa tidak produktif maka Anda dapat menjadikan kambing etawa tersebut sebagai kambing potong. Tentunya selain menjual daging Anda dapat juga menjual kulit kambing tersebut.


Peluang Usaha Ternak Kambing Potong


Peluang usaha ternak kambing potong adalah suatu ide peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa usaha ternak kambing potong terbilang menggiurkan? sebab hingga saat ini permintaan daging kambing potong semakin meningkat dan harga daging kambing juga tergolong cukup tinggi. Selain itu keuntungan dari usaha ternak kambing potong yang dapat Anda peroleh pun cukup banyak. Selain permintaan daging kambing potong yang cukup tinggi dan semakin meningkat, susu dari kambing potong juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Tidak hanya susu dan daging kambing saja namun kulit dan kototan kambing juga dapat Anda jual sebagai sumber penghasilan tambahan.


Peluang Usaha Ternak Kambing Domba


Usaha ternak kambing domba juga merupakan suatu peluang usaha yang menggiurkan dan menguntungkan. Dengan penerapan sistem beternak domba yang baik dan benar, usaha ternak kambing domba dapat memberikan hasil dan keuntungan sesuai yang Anda harapkan. Dibutuhkan keterampilan serta pengetahuan dalam beternak domba yang baik dan benar supaya hasil yang di harapkan tercapai.


Keuntungan yang dapat Anda peroleh dari beternak kambing domba adalah bulu, daging dan susu domba. Namun di negara Indonesia ini bulu dan susu domba hingga sekarang ini belum terlalu banyak di budidayakan oleh masyarakat. Oleh sebab itu ini merupakan salah satu peluang bagi Anda yang ingin mencoba usaha ternak kambing domba.


Ternak
Ternak Domba

Peluang Usaha Ternak Kambing Gibas


Usaha ternak kambing gibas sampai saat ini masih menjadi salah satu peluang usaha yang memiliki tingkat keuntungan tinggi. Kambing jenis ini terbilang cukup unik, sebab memiliki bulu keriting yang umumnya berwarna putih dan ekor yang besar. Selain itu daging kambing gibas ini sangat banyak peminatnya atau dengan kata lain permintaan daging kambing gibas di pasaran sangat tinggi.


Rasa kambing gibas sangat lezat dan tidak berbau selakyaknya kambing pada umumnya. Hal ini membuat kelas tersendiri bagi daging kambing gibas. Hingga saat ini jumlah permintaan daging kambing gibas terus meningkat, namun peternak di Indonesia belum mampu untuk memenuhi permintaan daging kambing gibas ini. Hal ini jelas merupakan sebuah peluang bisnis yang sangat menggiurkan untuk Anda pertimbangkan.


Peluang Usaha Ternak Kambing Perah


Usaha ternak kambing perah merupakan suatu peluang usaha ternak kambing yang fokus untuk memproduksi susu kambing. Hal yang perlu diperhatikan dalam beternak kambing perah adalah biaya serta jumlah pekerja. Hal ini dikarenakan hasil penjualan susu dipasaran belum tentu menguntungkan atau belum tentu dapat berkelanjutan untuk jangka  panjang. Budidaya kambing perah memiliki banyak keunggulan antara lain susu kambing yang lebih berkualitas dibandingkan susu ternak lain. Keunggulan dari susu kambing perah adalah untuk menjaga kesehatan dan juga dapat membantu pemulihan penyakit TBC.


Peluang Usaha ternak Kambing Jawa


Salah satu jenis kambing asli dari Indonesia salah satunya adalah kambing jawa. Keberadaan kambing ini sangat mudah ditemukan serta sudah tersebar luas di seluruh pulau Jawa dan pulau-pulau di sekitarnya. Apabila dilihat dari segi harga, kambing jawa memang tergolong murah. Namun pasar kambing jawa termasuk laris dan tidak kalah dengan kambing jenis lain.


Ternak
Kambing jawa

Peluang usaha ternak kambing jawa masih mendominasi pasar, sebab permintaan daging kambing jawa yang murah ini masih lebih besar dibadingkan dengan jenis kambing lainnya. Selain itu perawatan dan pemeliharaan kambing ini lebih mudah dari pada jenis lain.


artikel kambing lainnya: Tips Cara Merawat Kambing Bunting, Baca Disini


sumber gambar: usahasampinganku, jualansapi



Belum ada Komentar untuk "6 Peluang Usaha Ternak Kambing Ini Bisa Anda Jadikan Bisnis Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel