Cara Tepat Pengendalian Penyakit Pada Ternak Kambing

Ternak Berkualitas | Cara Tepat Pengendalian Penyakit Pada Ternak Kambing – Sobat ternak berkualitas sekalian dimanapun kalian berada. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 1 Tips yaitu Cara Tepat Pengendalian Penyakit Pada Ternak Kambing. Tentulah para peternak khususnya peternak kambing menginginkan ternaknya selalu sehat dan tidak gagal dalam beternak. Karena para peternak akan berusaha keras agar tidak mengalami kerugian dan kegagalan dalam beternak. Namun masih saja ada beberapa faktor yang membuat mereka gagal dalam beternak, yaitu seperti penyakit yang menyerang ternak kambing mereka.


Cara Tepat Pengendalian Penyakit Pada Ternak Kambing


Cara


Para peternak kambing khususnya yang baru pertama kali beternak tentulah tidak ingin gagal dalam beternak. Namun kebanyakan dari para peternak kambing yang baru pemula selalu mengalami kegagalan dalam beternaknya. Nah salah satu faktor kegagalan yang paling sering di alami oleh para peternak kambing yang baru pemula yaitu, tidak bisanya mencegah penyakit yang melanda kambing mereka.


Pengertahuan yang kurang dalam pengendaliann penyakit yang sering menyerang ternak kambing, membuat mereka sering gagal dalam beternak kambing. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 1 tips atau Cara Tepat Pengendalian Penyakit Pada Ternak Kambing, agar ternak kambing kalian bisa sukses.


Berikut adalah penyakit yang sering melanda pada ternak kambing anda, dan juga cara pengendalian penyakit nya yaitu sebagai berikut:




  • Keracunan Tanaman




Cara


Penyakit yang sering terjadi yang menyerang ternak kambing anda yaitu keracunan tanaman. Penyebab hal ini terjadi yaitu, ternak kambing anda memakan tanaman atau rerumputan yang mengandung racun, yang menimbulkan gejala seperti. Mulit berbusa, mengeluarkan lendir dari mulutnya, kulit mengelupas, dan yang paling para biasannya mati secara tiba tiba


Untuk pengendaliannya yaitu : Hindari memberi pakan yang mengandung racun, Dan jika ternak kambing anda ada yang mengalami keracuan seger                                                                      memberikan air kelapa. Agar ternak kambing anda dapat dengan terselamatkan, air kelapa di percaya menetralisir                                                                            racun yang masuk pada tubuh kambing.




  • Orf atau Dakangan




Cara Tepat Pengendalian Penyakit Pada Ternak Kambing, penyakit berikutnya yang sering menyerang ternak kambing anda yaitu orf atau juga di kenal dengan dakangan. Penyakit ini di sebabkan yaitu karena ternak anda memakan rumput yang berbulu, biasannya gejala yang timbul yaitu seperti. Kurangnya nafsu makan pada ternak, di area sekitar mulut terdapat korengan dan benjolan kecil.


Untuk pengendaliannya yaitu : Yang harus anda lakukan jika ternak kambing anda menunjukan gejala seperti itu. Anda harus segera memberikan                                                                          prepat iodium dan penyuntikan antibiotik, selain itu kalian juga harus memilih dan memberi pakan yang terbaik agar                                                                      penyakit tersebut tidak terjadi.




  • Kudis




Penyakit kudis juga sering menyerang ternak kambing anda selanjutnya yaitu kudis. Penyakit ini di sebabkan yaitu karena parasit yang timbul karena penumpukan kotoran ternak yang terlalu lama dan jarang di lakukukan pembersihan. Gejala yang sering timbul pada ternak kambing anda yaitu, permukaan kulit akan mengelupas, kering, rontoknya bulu, dan terakhir ternak anda menjadi kurus.


Untuk pengendaliannya yaitu : Hal yang harus anda lakukan yaitu selalu menjaga kebersihan kandangnya agar kambing anda tidak terserang                                                                                    penyakit kudis ini. Jika sudah terkena penyakit kudis ini. Sebaiknya anda harus segera mengoleskan campuran kapur                                                                      barus dengag minyak kelapa, kemudian olehskan pada bagian yang terdapat kudis. Selain itu anda juga harus                                                                                    memberikan oles oli bekas pada bagian yang terdapat kudis, agar kudis yang terdapat pada kambing anda sembuh.




  • Antraks




Cara


Cara Tepat Pengendalian Penyakit Pada Ternak Kambing, dan yang trakhir penyakit yang sering menyerang ternak anda yaitu antraks. Penyakit ini adalah penyakit yang di sebabkan oleh bakteri Baciluss anthracis yang dapat menular dengan kontak langsung. Gejala yang sering timbul bila ternak kambing anda sudah terkena penyakit ini yaitu. Badan lemas, kusam, gemetaran, mengeluarkan dana dari telinga, anus, dan hidung.


Untuk pengendaliannya yaitu : Selalu memberikan vaksin pada ternak kambing anda secara tratur. Dan paling penting anda harus selalu menjaga                                                                            kebesihan kandang ternak anda. Agar ternak kambing anda sukses dan kambing yang anda pelihara tidak terkena                                                                            penyakit.


 


Berikut adalah penyakit yang sering menyerang dan Cara Tepat Pengendalian Penyakit Pada Ternak Kambing. Bagi kalian para peternak yang baru memulainya kalian haruslah menjaga kebersihan kandang. Karena kebersihan kandang merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk sukses dalam beternak hewan apapun itu. Dan bagi kalian yang ingin mengetahui cara pengendalian penyakit pada hewan ternak lainnya kalian bisa baca di artikel kali yang di bawah ini



Belum ada Komentar untuk "Cara Tepat Pengendalian Penyakit Pada Ternak Kambing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel