Ingin Sukses Bisnis Sayuran Organik? Baca Tipsnya Di sini

Bisnis sayuran organik – Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya untuk mengkonsumsi sayuran organik. Dimana sayuran organik ini mempunyai keuntungan yang lebih sehat dan lebih segar. Namun, angka kesadaran masyarakat Indonesia masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan masyarakat yang hidup di luar negeri. Terutama masyarakat yang tinggal di daerah maju.


Saat
Sayuran organik dengan sistem hidroponik

Peluang usaha bisnis tanaman sayuran organik ini terbilang sangat menguntungkan, karena pangsar pasarnya membidik orang –orang yang ada dikalangan atas. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis sayuran organik ini maka berikut kami akan berikan beberapa hal yang bisa Anda jadikan pedoman untuk memulai usaha ini.


Kunci Sukses Bisnis Sayuran Organik


Setiap orang pasti mempunyai cara tersendiri untuk mengelola dan memulai sebuah bisnis. Namun tidak ada salahnya jika Anda mulai belajar dari pakar – pakar yang telah ahli dalam bisnis sayuran organik. Siapapun Anda dan dari latar belakang apapun Anda dapat melakukan bisnis sayuran organik ini.


Salah satu kunci sukses yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah pengalaman seorang petani organik bernama Riswati Wahyuni. Walaupun tidak mempunyai latar belakang pendidikan dalam bertani akan tetapi beliau mampu sukses terjun ke dalam bisnis sayuran organik ini selama 28 tahun. Dari pengalamannya selama 28 tahun menggeluti bisnis ini kunci sukses utama kesuksesan Riswati adalah jaringan atau networking.


Saat itu awalnya Riswati mampu mendapatkan keuntungan sekitar 20 juta perbulan dari bisnis sayuran organik yang digelutinya. Namun, ternyata hasil yang luar biasa tersebut tidak sebanding dengan modal yang beliau keluarkan. Apalagi pada masa – masa awal usahanya Riswati sering mengalami gagal panen dikarenakan serangan hama dan penyakit tanaman yang menyerang. Dari kegagalan – kegagalan inilah beliau memutuskan untuk memperluas jaringan dan dari memperluas jaringan tersebut ia mulai banyak menemukan ilmu – ilmu bagaimana teori dan menanam serta merawat sayuran organik yang baik dan benar.


Selain mendapatkan jaringan dalam bidang keilmuan sayuran organik, Riswati juga mendapatkan jaringan dalam pendanaan. Pasalnya untuk memulai bisnis sayuran organik ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bisa dikatakan modal yang dikeluarkan lebih besar jika dibandingkan Anda menanam sayuran dengan cara konvensional.


Yang Harus Dipersiapkan Dalam Bisnis Sayuran Organik


Tidak ada kesuksesan yang mudah untuk diraih tanpa kerja keras. Namun, bukan berarti Anda tidak mampu untuk melakukan bisnis sayuran organik ini. Yang terpenting adalah bagaimana Anda mengetahui dan menerapkan setiap langkah yang tepat. Adapun hal – hal yang harus Anda persiapkan adalah sebagai berikut:


Mempersiapkan media tanam


Untuk yang satu ini Anda bisa tidak menggunakan lahan yang luas seperti cara menanam sayuran secara konvensional. Bahkan lahan sempit pun dapat Anda gunakan untuk menanam sayuran organik. Anda dapat menanam dengan menggunakan media tanam vertikal atau menggunakan sistem hidroponik sayuran. Hidroponik ternyata mampu menghasilkan keuntungan bisa mencapai 50 juta/bulannya. Penasaran? Baca artikel kami berikut ini, klik di sini


Mempersiapkan pupuk alami


Karena ini adalah sayuran organik maka tidak sedikitpun pupuk kimia yang boleh Anda gunakan. Semuanya harus alami. Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk melakukan bisnis sayuran organik ini pastikan bahwa Anda mempunyai akses untuk mendapatkan pupuk alami. Sebenarnya pupuk alami bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko – toko pertanian terdekat, akan tetapi hal itu pastinya akan memberatkan Anda karena harganya pasti akan mahal dan jumlanya yang terbatas. Alangkah baiknya jika Anda bekerja sama dengan para peternak untuk mendapatkan pupuk alami yang berasal dari kotoran hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam dan hewan ternak lainnya. Jika Anda ingin memulai membuat pupuk organik sendiri maka baca artikel kami tentang cara membuat pupuk organik cair berikut ini, klik di sini


Mendapatkan ilmu perawatan yang tepat


Ilmu perawatan sayuran organik yang baik dan benar harus Anda kuasai. Perawatan dalam bisnis sayuran organik tidak hanya sekedar memberikan pupuk saja akan tetapi perlu diingat bahwa sayuran organik sangat mudah sekali terkena serangan hama dan jika tanaman terserang hama maka jangan sekali – kali Anda menyemprotkan pestisida. Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan hama pengganggu seperti ramuan dari cabe, jahe dan lain – lain.


Jaringan pemasaran


Hal terakhir yang terbilang sangat penting adalah jaringan pemasaran. Anda mungkin bisa berhasil menanam sayuran organik dengan baik. Namun, apa yang Anda hasilkan bisa sia – sia jika belum mempunyai jaringan pemasaran. Ketika Anda memulai bisnis sayuran organik ini maka harus dibarengi dengan membangun jaringan pemasaran. Seperti menjalin pemasaran dengan supermarket, restoran ataupun rumah tangga.


Dikarenakan pangsa pasarnya yang kecil maka Anda harus pandai – pandai membidik pangsa pasar yang tepat. Kebanyakan kalangan masyarakat atas yang tinggal diperkotaan tertarik untuk mengkonsumsi sayuran organik dan mereka adalah kalangan yang sangat peduli tentang pentingnya menjaga kesehatan dari bahan – bahan yang dikonsumsi. Selain itu Anda juga bisa membidik pasar luar negeri dengan menyasar negara – negara maju. Untuk yang satu ini tentunya banyak yang harus dicapai seperti kualitas sayur yang benar – benar baik sehingga pasar di luar negeri bisa menerimanya.


Yang Perlu Dijadikan Pertimbangkan


Menurut ibu Riswati ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam bisnis sayuran organik ini. Mengingat modal yang Anda keluarkan untuk melakukan usaha ini tidaklah kecil maka sebaiknya Anda bisa memulainya dengan hal – hal yang kecil terlebih dahulu.Apalagi faktor belajar yang panjang, faktor resiko gagal yang tinggi dan faktor jaringan pemasaran maka hendaknya Anda memulai dengan skala kecil terlebih dahulu.


Anda bisa menanam tanaman organik yang tidak membutuhkan tempat luas sepeti selada organik. Jangan sepelekan menanam sayuran selada organik ini, jika Anda sukses menanamnya maka selada ini mempunyai harga dipasaran mencapai Rp 50.000 per kilonya atau Anda bisa memulai dengan menanam sayuran bayam organik untuk dikonsumsi sendiri. Anggap saja sebagai media pembelajaran.


Saat
Menanam sayuran hidroponik

Yang pasti peluang usaha sayuran organik ini keuntungannya sangat menjanjikan. Kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya mengkonsumsi sayuran sehat tanpa zat kimia membuat peluang Anda semakin besar untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis sayuran organik.


sumber gambar: nukster, lebiotek


 


 



Belum ada Komentar untuk "Ingin Sukses Bisnis Sayuran Organik? Baca Tipsnya Di sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel