Jenis Limbah Pertanian Ini Dapat Dijadikan Bahan Pakan Ternak

Memanfaatkan sumber pakan yang ada disekitar Anda adalah salah satu solusi yang dapat dipakai untuk menciptakan jenis pakan terbaik bagi ternak ruminansia Anda. Sumber pakan tersebut terkadang belum banyak dimanfaatkan, banyak terbuang dan secara ekonomis belum mempunyai nilai yang tinggi. Salah satu sumber pakan tersebut adalah limbah pertanian.


Memanfaatkan
Penggemukan sapi dengan pakan ampas tahu-youtube

Pada dasarnya berbagai jenis limbah pertanian yang ada di lingkungan Anda mempunyai potensi yang cukup besar untuk dapat digunakan sebagai pakan ternak. Dengan menggunakan limbah pertanian sebagai bahan pakan untuk ternak Anda, maka akan banyak menghemat pengeluaran Anda di sektor pakan. Hal ini dikarenakan limbah pertanian mempunyai jumlah yang besar dan melimpah serta mudah untuk didapatkan.


Limbah pertanian mempunyai karakteristik yaitu tingginya kandungan serat kasar dan rendah akan kandungan nitrogen, fosfor dan kalsium. Hal ini mengakibatkan limbah mempunyai daya cerna yang rendah dan konsumsinya menjadi terbatas. Akan tetapi potensial menjadi sumber energi yang besar. Dalam memanfaatkan limbah pertanian sebagai bahan pakan ternak ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Adapun hal tersebut adalah sebagai berikut:



  • Jumlah limbah pertanian yang tersedia untuk dapat dijadikan sebagai sumber pakan ternak.

  • Distribusi bahan pakan yaitu jarak antara lokasi produksi limbah dan tempat melakukan budidaya ternak.

  • Infrastruktur yang berhubungan dengan fasilitas penanganan, fasilitas penyimpanan dan transportasi.

  • Terknologi yang digunakan hendaknya memperhintungkan aspek ekonomi dan keefisiennya.


Berikut adalah bahan jenis limbah pertanian yang dapat Anda gunakan dalam pemanfaatannya sebagai sumber pakan ternak ruminansia adalah sebagai berikut:


Jerami Padi


Jenis jerami ini sudah banyak digunakan sebagai bahan pakan ternak ruminansia, yaitu sebesar 30%. Namun sampai sekarang untuk pengaplikasiannya lebih banyak digunakan untuk keperluan industri dan digunakan sebagai bahan dasar pembuat pupuk organik.


Jerami Dari Tanaman Kacang – Kacangan


Jenis jerami kacang – kacangan sudah banyak digunakan dan terkenal di kalangan peternak ruminansia. Pada tanaman kacang – kacangan yang paling banyak digunakan sebagai pakan ternak adalah jerami kedelai, jerami kacang hijau, jerami kacang tanah dan jerami kacang tanah.


Gaplek/Onggok


Jenis olahan limbah pertanian ini juga sudah banyak digunakan sebagai bahan pakan ternak ruminansia. Keunggulan dari gaplek adalah olahan limbah ini akan menghasilkan energi yang besar, hampir menyamai tanaman jagung. Akan tetapi sumber proteinnya rendah dan kandungan sianidanya terbilang cukup tinggi. Sehingga untuk memberikannya kepada hewan ternak Anda diperlukan pengolahan khusus terlebih dahulu.


Jerami Jagung


Jerami jagung dapat Anda manfaatkan sebagai bahan pakan untuk ternak ruminansia Anda. Jerami jagung mempunyai kandungan gizi yang terbilang rendah jika dibandingkan dengan jerami dari tanaman kancang – kacangan. Akan tetapi masih lebih baik dari pada jerami padi. Kandungan gizi jerami jagung adalah protein 5% dan TDN 50%. Selain jerami jagung, ada juga beberapa jenis limbah tanaman jagung lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Penasaran? Klik di sini


Ampas Kelapa


Limbah pertanian dari ampas kelapa adalah bungkil kelapa dan daging kelapa yang sering kali banyak dibuang begitu saja. Kandungan dari daging kelapa adalah 18% protein kasar, 12% serat kasar dan 8% lemak.


Ampas Tahu


Ampas tahu dihasilkan dari pembuatan tahu. Jenis bahan pakan ini sangat mudah untuk didapatkan karena masih sedikit yang memanfaatkannya sebagai pakan ternak. Kandugan dari ampas tahu adalah 4% lemak, 1% abu, 18% protein dan 52% air.



Dedak Padi


Untuk jenis limbah dedak padi yang bisa Anda gunakan sangat bervariasi macamnya. Tergantung dari jenis padi dan mesin penggiling padi yang digunakan.


Pelepah Sawit


Limbah pertanian dari kebun kelapa sawit yang dapat Anda gunakan sebagai pakan ternak bisa berupa daun dan pelepah sawit. Untuk melakukan pengolahan dari pelepah sawit dapat Anda lakukan dengan cara fermentasi. Sama seperti silase. Berikut beberapa limbah sawit lainnya yang dapat Anda jadikan pakan ternak kambing. Baca di sini


Kulit Kopi


Kulit kopi sebagian besar masih digunakan untuk bahan pembuat pupuk organik. Akan tetapi kulit kopi dapat Anda manfaatkan sebagai bahan pembuat pakan untuk ternak ruminansia.


Kulit Kakao


Kulit kakao dapat Anda manfaatkan sebagai bahan pakan untuk ternak ruminansia seperti  pada domba dan sapi. Namun sebelum Anda berikan kepada hewan ternak, kulit kakao perlu pengolahan khusus terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kandungan dari lignin pada kulit kakao sangatlah tinggi. Untuk pengolahan jenis limbah ini dapat Anda lakukan dengan cara fermentasi.


Memanfaatkan
Limbah kulit kakao-BPTP Sulbar

Pada intinya sumber pakan ternak ruminansia dapat Anda sediakan dalam bentuk konsentrat hijauan. Satu hal terpenting dalam pembuatan pakan adalah dapat memenuhi kebutuhan protein, lemak, karbohidrat, mineral serta vitamin ternak. Walaupun hampir semua bahan pakan dari limbah pertanian mengandung serat kasar yang tinggi akan tetapi dengan menggunakan teknologi sederhana maka limbah tersebut dapat Anda ubah menjadi sumber pakan yang bergizi dan sumber energi bagi ternak ruminansia Anda.


sumber gambar: HKTI


 




Belum ada Komentar untuk "Jenis Limbah Pertanian Ini Dapat Dijadikan Bahan Pakan Ternak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel