6 Jenis Peluang Usaha Ternak Yang Masih Potensial di Tahun 2018

Peluang usaha ternak –  Pada kesempatan kali ini bisnisonlineusaharumahan akan mencoba memposting sebuah artikel mengenai jenis peluang usaha ternak potensial di tahun 2018. Setelah dari beberapa hari tidak sempat mengupdate blog karena kesibukan offline yang tidak bisa di hindarkan.


Bagi anda yang mencari Ide peluang usaha ternak yang bisa di jalankan semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Tentu bagi kita sudah mengenal beberapa jenis usaha ternak, mulai dari ternak ayam potong, ternak ayam kampung, ternak ayam petelur , dll.


Di masyarakat Indonesia peluang usaha ternak memang sangat menggiurkan. Sebab iklim di Indonesia yang mendukung untuk mengembangkan jenis usaha peternakan. Namun sebelum menjalankan usaha ternak perhatikan seberapa besar minat kita dengan hewan tersebut.


Salah satu tips sukses menjalankan usaha ternak adalah seberapa besar minat atau kecintaan kita kepada hewan peliharaan tersebut. Usaha peternakan tentu berbeda dengan bisnis jasa, atau perdagangan lainnya. Usaha ternak bukan saja di butuhkan ilmu bisnis tetapi lebih dari pada itu, yang kita kelola adalah mahluk bernyawa. Berhasil atau tidaknya bisnis kita tergantung juga dari umur dari hewan tersebut.


Secara psikologi, jika seseorang memiliki kecintaan pada hewan peliharaan maka hewan peliharaan tersebut akan merasa senang pula, sehingga baik ayam, ikan lele, ikan hias, kelinci, kucing, dan lainnya akan terhindar dari stress yang akan meningkatkan tingkat produktifitas hewan.


Lanjut hal 2


Berikut contoh peluang usaha ternak yang dapat di jadikan ide Bisnis tahun 2017


1 Ternak Ayam Bangkok


akan
ilustrasi google image


Apakah anda memiliki minat beternak ayam Bangkok ? ayam Bangkok sudah dikenal lama di masyarakat Indonesia. Daerah manapun di Indonesia jenis ayam ini lebih akrab di kenal sebagai ayam aduan. Untuk ternak ayam baik ayak kampung maupun ayam broiler. Peternakan ayam Bangkok yang mengkhususkan untuk bisnis masih sangat langka. Cenderung mereka yang memiliki ayam Bangkok mereka tidak menjalankannya sebagai bisnis tetapi lebih kepada penyaluran hobi semata.


Harga ayam Bangkok berkualitas bisa mencapai puluhan juta perekornya. Namun untuk mendapatkan ayam Bangkok berkualitas. Tidak segampang cara beternak ayam kampung pedaging atau ayam potong. Ada trik dan usaha khusus mulai dari pakan dan melatih otot – otot agar ayam tangguh dan kuat di adu. Berikut cara merawat ayam bangkok


 


2. Ternak Ikan Lele


akan
Ilustrasi google image


Peluang usaha ternak lele bukan usaha yang baru, namun meski lele bukan jenis usaha yang baru, konsumsi lele masih sangat besar, dan di minati oleh sebagian masyarakat Indonesia.


Struktur daging dan protein yang terkandung ikan lele yang belum bisa tergantikan oleh daging hewan lainnya. Manfaat daging ikan lele seperti meningkatkan gairah laki-laki dewasa. Masih menjadi momok sehingga ikan lele masih di butuhkan di banyak warung makan di Indonesia.


Baca selengkapnya : Cara ternak lele


 



3. Ternak ikan hias.


akan
Ilustrasi Google image


Ikan hias merupakan peluang usaha yang memiliki pangsa pasar sendiri. Menjalankan usaha ini perlu di barengi dengan penjualan assesoris ikan hias. Mulai dari menyediakan akuariumnya, mesin gelembung air, saringan akuarium, kerang-kerangan, accesoris akuarium, dan lainnya.


 






4. Ternak Burung Hias


akan
Ilustrasi Google Image


Setelah animo masyarakat Indonesia terhadap batu permata yang mulai surut, sekarang ini ada geliat animo tersebut beralih ke peternakan burung hias atau peliharaan. Para pecinta burung tidak akan sungkan mengeluarkan uang berjuta-juta rupiah demi mendapatkan burung yang di idolakannya.


Ada beberapa minat seseorang menyukai burung hias. Mulai dari warna bulunya, kicauannya, kelangkaannya dan keistimewaan murung tersebut karena langka misalnya saja burung beo, dan burung kakak tua.


Baca juga : Cara Budidaya walet


 


5. Ternak kambing


akan
Ilustrasi Google Image


Kambing merupakan hewan yang sangat di butuhkan ketika ada acara-acara pernikahan, sunatan, aqiqahan, terlebih pada saat idul qurban. Peluang usaha ternak kambing, salah satu peluang bisnis ternak menggiurkan. Selain dari pasarnya yang di cari oleh banyak orang. Memulai usaha ini dapat di jalankan dengan modal 3 jutaan. Uang sebesar itu kita sudah mendapatkan 4 ekor kambing setengah umur.



Namun untuk menjalankan usaha ternak kambing kita perlu memiliki lahan dan memperhatikan kondisi kandang dan pakannya. Karena kambing tidak seperti sapi, kambing lebih liar, jadi perlu ada perhatian ekstra dalam memeliharanya.


 


6. Ternak sapi.


akan
Ilustrasi google image


Sama seperti kambing daging sapi merupakan level tertinggi dari konsumsi daging di Indonesia, mulai dari perayaan acara besar maupun dari konsumsi daging warung makan. Jumlah sapi yang di potong perharinya mencapai jutaan ton daging. Semuanya di serap oleh seluruh lapisan masyarakat.


Yang paling penting menjalankan usaha peternakan/penggemukan sapi adalah lokasi dan makanannya. Sebab di sinilah kunci sukses menjalankan usaha penggemukan sapi. Jika lokasi dan makanannya yang bagus, maka kita dapat sukses menjalankan usaha ini. Sapi merupakan hewan yang populasi terkena penyakit atau tingkat kematiannya saat di ternak cukup rendah di bandingkan dengan ternak hewan lainnya seperti ayam.


Namun menjalankan usaha ini perlu menyiapkan modal ekstra. Sebab harga sapi perekornya sekarang berada di kisaran 3-6 jutaan untuk sapi yang baru lahir. Harga ini akan melonjak jauh ketika sudah di ternak beberapa bulan. Harganya bisa mencapai 12 jutaan untuk sapi jenis lokal.


Baca juga : Cara budidaya bebek petelur untuk pemula


Demikian peluang usaha ternak yang masih hot dan masih sangat potensial untuk di kembangkan di tahun ini. Tentu masih sangat banyak #usaha ternak lainnya yang menjanjikan untuk di jalankan, sebab usaha ternak tidak seperti usaha lainnya, ia juga sangat di pengaruhi oleh lingkungan di mana budidaya hewan ini akan di kembangkan. Terima kasih, Semoga informasi ini bermanfaat !


 


Belum ada Komentar untuk "6 Jenis Peluang Usaha Ternak Yang Masih Potensial di Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel