Festival kambing 2018 Pemdes Dermaji dihelat di lapang Pangkalan

Pemerintah Desa Dermaji akan menyelenggarakan festival kambing 2018 yang akan dihelat di wilayah Kadus 2, tepatnya di lapang grumbul Pangkalan.


Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho beberapa waktu lalu telah menyampaikan secara langsung kepada warganya terkait acara ini.


Acara festival kambing 2018


Minggu 12 agustus 2018 merupakan hari yang telah di tentukan oleh panitia untuk menyelenggarakan acara tersebut.


Moment yang sudah beberapa kali di adakan ini tentu saja untuk mengangkat potensi ekonomi, wisata desa, kemajuan dunia peternakan dan lain lain.


Dikutip dari website Pemdes dermaji.desa.id, bahwa di wilayah Dermaji budidaya ternak kambing merupakan salah satu pendongkrak ekonomi yang memiliki potensi besar.


Hal ini tentunya diungkapkan berdasarkan perkiraan data pemdes yang menyatakan di setiap tahunya ada sampai di atas 3000 ekor ternak kambing dengan angka penjualan di atas 500 ekor.


Jenis kambing untuk festival


Menurut kepala desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho enis kambing yang akan di ikutkan kdalam kontes kambing di bagi menjadi 2 kategori secara umum.



1.Kambing etawa


Menurut situs ensiklopedia tertua wikipedia, kambing etawa adalah jenis kambing yang di datangkan dari India yang juga disebut dengan kambing jamnapari


Tinggi kambing etawa jantan berkisar antara 90 sentimeter hingga 127 sentimeter dan yang betina hanya mencapai 92 sentimeter


Tetapi yang akan mengikuti kontes nanti mungkin kambing etawa peranakan saja. Mengingat kambing etawa yang aslinya jarang dan tentu harganya lebih mahal


2.Kambing jawa randu


Sebagian orang mengatakan bahwa kambing jawa randu adalah peranakan hasil kawin silang kambing jawa kacang dengan kambing etawa.


Ada juga yang mengatakan bahwa kambing jawa randu adalah kambing jawa asli yang memiliki kualitas bagus.


Tetapi apapun itu tidaklah penting untuk di perdebatkan. Karena yang terpenting adalah bagaimana kambing kambing tersebut nantinya bisa membuat ekonomi yang lebih baik bagi peternaknya.


Acara lain di perhelatan festival kambing desa Dermaji 2018


Selain festival kambing etawa vs kambing jawa randu ini banyak juga acara acara lain yang di harapkan bisa memberi nilai plus plus bagi kemajuan perekonomian di desa.


Menurut info dari group wa Pangkalan Jaya yang di kirimkan oleh Bapak Wasito spd, yang mungkin juga menjadi panitia dalam acara ini bahwa pembukaan acara akan di mulai jam 08:30 wib.


Acara acara tersebut antara lainya:


1.Pembukaan pukul 08:30 wib

2.Festival kambing peranakan Etawa (pe) dan kambing Jawa Randu

3.Sarasehan budidaya terbak kambing

4.Pameran potensi dan produk desa

5.Lomba mewarnai untuk anak anak PAUD

6.Pagelaran dongeng anak

7.Workshop pengembangan BUMDesa

8.Pengumuman pemenang kontes dan penutupan.


Informasi acara ke panitia penyelenggara


Jadi jika berminat untuk mengikuti kontes kambing etawa maupun ingin berpartisipasi di acara acara lainya bisa menghubungi Bpk Wasito Spd atau Harry Haryono


Diharapkan acara acar seperti ini mampu membuka wawasan bagi pelaku peternakan, pertanian, UKM untuk meningkatkan kualitas produknya.


Informasi cara budidaya ternak kambing yang baik mudah mudahan bisa di dapat dari acara seperti ini yang memang sudah seharusnya ada sosialisasi.


Begitu juga dengan adanya pameran produk desa yang sebenarnya juga memiliki potensi dan peluang besar untuk menaikan ekonomi para pelaku UKM di desa.


Baca Juga:



Bagaimana cara meningkatkan produktifitas, kualitas, kuantitas, sumber daya maupun meningkatkan penjualan ke jaringan yang lebih luas, diharapkan akan mendapatkan solusi yang lebih baik nantinya.


Tak kalah penting dengan anak anak kita yang nyata merupakan calon generasi penerus kita dan bangsa ini yang juga akan turut memeriahkan acara festival ini.


Mewarnai khusus anak anak Paud itulah salah satu hal yang merupaka bagian dari pendidikan anak yang baik. Bisa melatih dalam hal berpikir, berkreasi dan kecerdasan anak.


Ya mudah mudahan acara Festival kambing 2018 ini berjalan lancar, sesuai rencana, meriah dan menghasilkan sesuatu yang bernilai positif untuk membangun ekonomi masyarakat desa yang juga bertajuk Dermaji Membangun.


Yuk kita dukung acara acara seperti ini menjadi acara rutin yang berkesinambungan dalam meningkatkan kemajuan desa.


Unggah Berkas


Belum ada Komentar untuk "Festival kambing 2018 Pemdes Dermaji dihelat di lapang Pangkalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel