Hewan Langka Yang Terancam Punah, Berikut Listnya

Belajar Beternak – Akhir akhir ini memang sudah sangat banyak Hewan Langka Yang Terancam Punah yang sedang menjadi perhatian dunia. Banyak faktor yang menyebabkan kepunahannya, seperti akibat populasi yang semakin sedikit, perburuan liar, ketersediaan pakan yang kurang dan sampai habitat asli mereka yang memang sudah rusak.


Hewan Langka Yang Terancam Punah, Berikut Listnya


Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang tinggal dimuka bumi. Hewan juga memiliki peranan yang sangat penting bagi alam dan habitatnya. Hewan juga memiliki peranan penting untuk menjaga kelesatarian alam, sedangkan bagi manusia. Hewan dapat digunakan sebagai sumber makanan ataupun untuk membantuk pekerjaan di sawah ataupun yang lainnya.


Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat. Tentu saat ini sangat banyak Hewan Langka Yang Terancam Punah, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang memang mempengaruhi populasi hewan dihabitat aslinya. Tentu hal tersbut membuat hewan yang termasuk hewan langka akan semakin terancam punah.


Di pembahasan yang kali ini saya bahas tentu anda akan bisa mengetahui hewan apa saja yang sudah termasuk dalam hewan langka yang mungkin sudah termasuk hewan langka. Jadi untuk anda yang memang belum mengetahuinya, tentu anda bisa simak dan ikuti terus artikel yang kali ini saya bahas. Atau anda ingin melakukan usaha beternak, anda bisa baca artikel di Ternak Berkualitas. Karena disana anda bisa mendapatkan informasi panduan cara beternak dan cara merawat hewan peliharaan.


Burung Cendrawasi



Burung Cendrawasi merupakan burung yang menjadi maskot di Pulau Papua ini saat ini memiliki 30 spesies yang 28 jenis terdapat di Papua. Burung ini bisa sangat mudah ditemukan di Papua, Pulau Torres, dan Australia bagian timur. Burung yang memiliki karakteristik yang sangat indah dengan warnanya yang beragam seperti putih, kuning, coklat dan hijau pada bagian ekor.


Dengan bulu yang indah seperti itu, sampai sampai di Eropa burung ini disebut dengan bird of paradise yang artinya burung dari surga. Tetapi dengan keindahannya ini membuat burung ini menjadi salah satu hewan langka. Karena memang banyak diburu untuk dijual beli oleh orang yag tidak bertanggung jawab. Habitatnya kini sudh sangat mengkhawatirkan sehingga membuat burung yang satu ini semakin terancam keadaannya.


Burung Jalak Bali



Leucopsar rothschildi atau burung Jalak Bali ini merupakan salah satu satwa endemis asal Indonesia yang berasal dari Pulau Bali. Burung ini pertamakali ditemukan pada tahun 1910  yang ditemukan oleh pakar binatang Inggris yaitu Walter Rothchild. Burung jalak ini memiliki karakteristik yang begitu sangat cantik dengan warna bulunya yang bersih dan warna biru disekitar mata.


Di habitat aslinya, burung ini saat ini sudah mengalami penurunan jumlah populasi yang sangat signifikan, bahkan pada tahun 1984 sudah dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Burung ini dinyatakan punah karena memang sangat banyak perburuan liar dan proses berkembang biar yang lambat tentu membuat burung ini lama kelamaan menjadi hewan yang langka.


Burung Merak



Burung merak merupakan salah satu spesies unggas yang termasuk dalam genus pavo dan afropavo yang termasuk dalam familia ayam hutan. Burung ini memiliki karakteristik yang cantikdengan warna cerah dan ekornya memiliki ukuran besar dan dapat di kembangkan sehingga terlihat sangat indah. Hal ini dilakukan merak untuk menarik perhatian lawan jenisnya pada saat musim kawin telah tiba.


Sayanya murung merak kini termasuk dalam Hewan Langka Yang Terancam Punah karena sudah sangat banyak perburuan merak untuk dijadikan hewan peliharaan ataupun hanya di ambil bulu indahnya saja. Banyak upaya telah dilakukan untuk melindungi hewan yang satu ini, bahkan spesies yang benar benar terancam punah adalah burung merak hijau atau pavo maticus yang saat ini sudah sangat sulit untuk ditemukan.


Gajah



Gajah adalah salah satu hewan mamalia yang memiliki ukuran yang sangat besar. Hewan yang memiliki karakteristik unik dengan belalainya yang panjang serta memiliki telinga yang besar kini sudah semakin punah. Kini gajah sudah dinyatakan punah keberadaanya oleh IUCN karena di sebabkan oleh penurunan populasi hewan gajah ini di habitat aslinya.


Hewan ini terancam punah bukan karena di mangsa oleh singa ataupun harimau. Karena di habitat aslinya kini sudah semakin sulit untuk mencari makan karena memang hewan yang satu ini merupakan hewan herbivora atau hewan pemakan tumbuh tumbuhan . Selain itu adanya perburuan yang liar untuk di ambil gadingnya juga merupakan salah satu pemicu berkurangnya tingkat populasi gajah di habitat asli.


Badak



Badak kini juga termasuk dalam jenis Hewan Langka Yang Terancam Punah. Hewan yang memiliki ciri khas cula yang terdapat di kepalanya ini merupakan hewan yang sangat mudah untuk di temukan di kawasan Asia dan Afrika. Tetapi saat ini badak sudah dinyatakan punah yang sudah terancam habitat aslinya. Tentu hal ini berkaitan dengan adanya kepercayaan baha cula badak berguna bagi kesehatan terutama pada ilmu obat obatan tradisional di Cina.


Saat ini memang sudah banyak negara yang mengecam tindakan ini seperti Inggris, Afrika, Indonesia bahkan pemerintah Cina juga sudah menghapuskan cula bada dari daftar obat obatan tradisional. Tetapi tentu hal itu tidak membuat para pemburu cula badak untuk berhenti melakukan perburuan badak. Tentu hal ini membuat badak kini sudah semakin punah pada habitat aslinya.


Komodo



Komodo merupakan hewan yang reptil yang sangat mudah untuk anda temukan di pulau komodo Indonesia. Komodo merupakan salah satu hewan karnivora yang memiliki tubuh besar layaknya seperti biawak ataupun kadal. Banyak penelitian yang menduga hewan ini adalah evolusi dari hewan kadal yang berlangsung selama jutaan tahun lamanya.


Saat ini komodo telah menjadi hewan yang dilindiungi oleh pemerintah Indonesia dengan cara membangun Taman Nasional Komodo. Pemerintah Indonesia membuat tanam nasional komodo tersebut disebabkan oleh banyak faktor mulai perburuan ilegal hingga lambatnya perkembang biakan yang dilakukan oleh komodo. Tentu hal itu memicu hewan ini semakin langka.


Gorila



Hewan yang memiliki DNA yang 97% hampir mirip dengan manusia yang berasal dari Afrika ini merupakan Hewan Langka Yang Terancam Punah. Gorila merupakan hewan omnivora yang sering memakan buah buahan dan juga serangga. Ciri khas dari hewan ini adalah tubuhnya yang besar dan juga terlihat lebih berotot. Kini sudah semakin langka karena penurunan populasi.


Hal ini disebabkan karena memang banyak faktor terjadi seperti berkurangnya tempat habitat asli sehingga gorila merawa sulit untuk mencari tempat tinggal ataupun makanan bagi mereka. Tidak heran jika gorila kin itermasuk dalam hewan langka yang memang sudah terancam punah. Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui jenis jenis kambing etawa berkualitas baik. Anda bisa baca di Jenis Kambing Etawa Berkualitas Terbaik, karena disana anda bisa mengetahui semua jenis jenis kambing etawa dengan kualitas terbaik.


Orang Utan



Orang Utan adalah hewan yang memang masih berkerabat dekat dengan kera sehingga banyak yang menyebut orang utan dengan sebutan kera besar. Hewan ini hidup di Malaysia dan juga di Indonesia terutama di Pulau Kalimantan Dan Sumatera, biasanya hewan ini memiliki warna coklat ataupun kemerahan pada kulit ataupun pada bulu di sekujur tubuhnya.


Hewan ini kini sudah termasuk dalam golongan hewan langka yang memang sudah sangat terancam punah. Karena memang saat ini hanya terdapat 7,500 ekor saja. Padahal pada tahun 1990an orang utan diperkirakan berjumlah lebih dari 200,000 ekor. Tetapi dengan habitatnya yang kini sudah semakin banyak dijadikan tambang ataupun dibakar. Tentu membuat Orang Utan kini semakin langka dan terancam punah.


Harimau Sumatera



Panthera Tigris Sondaica atau Harimau Sumatera ini adalah spesies langka dan terancam punah yang telah ditetapkan oleh IUCN. Harimau ini merupakan satwa atau hewan endemis asli Pulau Sumatera. Saat ini jumlah di habitat aslinya hanya tersisa sekitar 400 sampai 500 ekor saja.


Penyebab dari terancam punah hewan yang satu ini disebabkan oleh rusaknya habitat yang ada di Sumatera. Bahkan di Taman Nasional Sumatera kini sudah tercatat banyak harimau yang mengalami kematian karena suatu faktor lingkungan habitat aslinya rusak.


Macan Tutul Jawa



Macan Tutul Jawa saat ini sudah dinyatakan sebagai Hewan Langka Yang Terancam Punah sejak tahun 2007 dan termasuk dalam red lit di IUCN. Macan tutul jawa merupakan spesies macan yang memiliki ukuran tubuh paling kecil dengan pengelihatan yang sangat tajam. Macan ini adalah hewan asli endemis asli di Pulau Jawa yang memang sudah terancam punah.


Kini macan tutul di Jawa telah dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan dapat ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Terjadinya kelangkahan pada hewan yang satu ini disebabkan oleh rusaknya habitat asli dan adanya perburuan liar yang dilakukan oleh masyarakat.


Ikan Arwana Merah



Ikan Arwana Merah merupakan ikan hias endemis yang berasal dari Indonesia. Ikan ini banyak tersebar di daerah Kalimantan Barat seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Ikan hias ini kini sudah dinyatakan sebagai hewan langka yang sangat terancam punah karena memang adanya penangkapan liar yang dilakukan oleh masyarakat baik di konsumsi ataupun di jual sebagai ikan hias.


Bagi sebagian besar para pecinta ikan, tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama ikan yang satu ini. Karena memang jenis ikan hias yang satu ini merupaka ikan yang sangat populer dan sudah sangat banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias. Meskipun memiliki harga jual yang mahal, tentu hal tersebut tidak mempengaruhi bagi para pecinta ikan.


Ikan arwana yang sudah di anggap sebagai Hewan Langka Yang Terancam Punah. Tentu kini ikan ini sudah tidak diperbolehkan oleh pemerintah Indonesia untuk di jual dengan cara sembarangan. Nah, untuk anda yang ingin mengetahui Ikan komet yang populer. Anda bisa baca artikel kami di Jenis Jenis Ikan Komet Yang Paling Populer.


Penyu



Penyu merupakan spesies hewan laut yang diduga sudah ada sejak zaman dinosaurus. Hewan ini adalah kerabar dari spesies kura kura. Penyu dapat ditemukan diseluruh samudra di dunia, tetapi dikatakan penyu juga termasuk Hewan Langka Yang Terancam Punah.


Banyak yang menyebabkan penyu kin isemakin sulit untuk ditemui dilaut. Salah satu faktor utamanya adalah banyak pemangsa yang mengincar tukik atau anakan penyu yang baru saja menetas. Selain itu, dengan adanya perburuan telur penyu yang dilakukan oleh manusia membuat hewan ini sangat sulit untuk mempercepat populasi penyu dilautan.


Dugong



Dugong atau yang sering disebut dengan Ikan Duyung ini adalah spesial mamalia laut yang hidup di info pasifik. Ikan ini juga dapat di temukan diperairan sebelah utara dari Aurtralia. Hewan yang merupakan kerabat dekat dari hewan gajah ini saat ini memiliki populasi yang semakin menurun setiap tahunnya. Karena memang saat ini sangat banyak di buru.


Ikan Duyung atau dugong banyak diburu karena untuk di ambil daging dan minyaknya. Selain itu penyebab utama dari terjadinya kelakaan dugong disebabkan karena adanya perubahan iklim yang sangat ekstrim sehingga sulit untuk dugong tetap bertahan hidup di habitat aslinya. Nah, untuk anda yang hobi melakukan usaha ternak ataupun ingin mencari panduan cara merawat hewan peliharaan.


Anda bisa kunjungi selalu Panduan Cara Beternak. Karena disana anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi seputar cara beternak ataupun merawat hewan peliharan dengan benar.


Belum ada Komentar untuk "Hewan Langka Yang Terancam Punah, Berikut Listnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel