Tips Cara Ternak Kambing Etawa Hingga Panen

Belajar Beternak – Pada informasi tentang Tips Cara Ternak Kambing Etawa Hingga Panen ini saya akan memberikan sebuah solusi bagi anda para peternak yang ada di Indonesia. Melakukan usaha ternak kambing ataupun hewan ternak ruminansia lainnya tentu para peternak adalah bertujuan agar ternak yang mereka jalani mampu tumbuh sesuai dengan target yang di inginkan.


Tips Cara Ternak Kambing Etawa Hingga Panen


Kambing etawa mreupakan kambing yang memiliki postur tubuh yang besar. Selain dimanfaatkan dagingnya, jenis kambing yang satu ini mampu menghasilkan susu yang bisa di konsumsi sebagai obat bagi masyarakat. Saat ini jenis kambing ini sudah sangat banyak di ternak oleh para warga karena memang sangat banyak keuntungan yang bisa di dapatkan dari kambing yang satu ini.


Memang sangat banyak sekali jenis usaha ternak yang bisa dilakukan oleh masyarakat ataupun warga di Indonesia. Karena memang kita ketahui bahwa sangat banyak sekali jenis hewan ruminansia ataupun unggas yang bisa dijadikan bisnis ataupun peluang usaha. Tetapi usaha bisnis yang sangat banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia adalah ternak kambing ataupun sapi.


Karena jenis ternak ini merupakan ternak yang bisa menghasilkan banyak uang sampingan. Untuk itulah di artikel Tips Cara Ternak Kambing Etawa Hingga Panen kali ini akan saya berikan semua solusi untuk anda semua yang memang ingin mendapatkan keuntungan besar dalam melakukan usaha bisnis ataupun ternak kambing etawa dirumah.


Pemelihan Bibit Kambing Etawa


Tips


Memilih bibit yang berkualitas tentu merupakan salah satu faktor untuk menentukan keberhasilan usaha ternak yang akan kita jalani nantinya berjalan sesuai dengan yang kita impikan. Untuk para pemula dalam usaha ternak jenis kambing yang satu ini, tentu mungkin belum mengetahui ciri ciri kambing etawa yang memiliki kualitas yang bagus.


Untuk itulah di informasi Tips Cara Ternak Kambing Etawa Hingga Panen ini akan saya berikan juga pembahasan mengenai cara memilih bibit kambing etawat yang memiliki kualitas bagus dan super. Berikut adalah cara pemilihan bibit kambing etawa berkualitas yang tentu bisa anda pahami jika anda memilih calon bibit yang ingin anda beli.



  • Untuk bibit jantan, memiliki punggung yang lurus, tubuh yang besar dan gagah, kaki yang besar dan kokoh dan sudah berumur 1,5 tahun

  • Indukan yang bagus memiliki tubuh tegak perfex, jinak, memiliki kaki lurus dan besar, puting dua buah, tumit cenderung tinggi dan tentunya harus sehat.


Kandang Kambing Etawa


Tips


Pemilihan jenis kandang yang cocok untuk di gunakan pada umumnya adalah kandang panggung. Karena memang kandang jenis ini sangat mudah untuk melakukan perawatan sekaligus memudahkan untuk menjaga kebersihan kandang dan juga kebersihan ternak. Maka tidak jarang jika kandang jenis ini sangat banyak dijumpai dalam usaha ternak kambing jenis apapun.


Jika anda sedang berada di jakarta dan ingin mencoba minuman minuman unik. Tentu Gooma Tea Bar Minuman Premium Berbasis Matcha adalah tempat kuliner yang sangat cocok untuk anda singgahi. Karena memang minuman tersebut merupakan minuman yang sangat saat ini sangat trend dan terkenal di Jakarta.


Pemberian Pakan Kambing Etawa


Tips


Memberikan pakan kepada ternak kambing etawa yang berkualitas adalah hal yang harus diperhatikan oleh selaku peternak. Karena memang kita ketahui bahwa untuk menghasilkan kualitas kambing etawa yang bagus sekaligus susu yang berkualitas. Memberikan pakan juga harus diperhatikan, karena memang pakan merupakan sumber protein bagi ternak kambing.


Jika kita memberikan pakan yang kurang tidak memiliki protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Tentu akan membuat kualitas susu akan menurun, maka dari itu memberikan pakan kambing yang mengandung kadar protein ataupun vitamin vitamin yang dibutuhkan oleh kambing bisa anda berikan pakan hijauan yang bisa di dapatkan dengan sangat mudah.


Memberikan pakan kambing juga bisa anda lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Berikut adalah beberapa jenis hijauan pakan ternak yang dapat diberikan ke ternak kambing etawa.



  1. Rumput Gelagahan

  2. Kaliandra Dadap

  3. Rumput Gajah atau rumput liar

  4. Daun Nangka, Daun Singkong

  5. Daun Ketul Sapi

  6. Batang Jagung Muda


Bagi anda yang juga ingin mendapatkan informasi yang menarik lainnya seputar cara untuk beternak kambing kacang. Anda bisa membaca panduannya di artikel kami Panduan Beternak Kambing Kacang Menguntungkan. Karena melalui artikel tersebut anda bisa mendapatkan panduan cara memulai ternak kambing kacang dan bisa menguntungkan.


Belum ada Komentar untuk "Tips Cara Ternak Kambing Etawa Hingga Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel